google analyst

Senin, 25 April 2011

Algoritma dan Program Menghitung Luas Lingkaran dan Volume Bola


Algoritma:
Deklarasi
rl : integer
rv : integer
v : float
l : float
Deskripsi
l=3.14*rl*rl
v=(4*3.14*rv*rv*rv)/3
then
write(l)(v)
end

Program Biasa:
#include
#include

void main(){
int rl,rv;
float l,v;

cout<<"Menghitung Luas lingkaran\n";
cout<<"Masukkan jari-jari lingkaran";
cin>>rl;
cout<<"Menghitung volume bola\n";
cout<<"Masukkan jari-jari bola";
cin>>rv;
l=3.14*rl*rl;
v=(4*3.14*rv*rv*rv)/3;
cout<<"Luas lingkaran adalah "<<<"\nVolume bola adalah "<Program Class :
#include
#include

class hitung{
friend ostream& operator<<(ostream&, const hitung&);
friend istream& operator>>(istream&, hitung&);
public:
void hitung_L_lingkaran();
void hitung_V_bola();
private:
float r;
float luas;
float volume;};

void hitung::hitung_L_lingkaran(){
luas=3.14*r*r;}

void hitung::hitung_V_bola(){
volume=(4*3.14*r*r*r)/3;}

istream& operator>>(istream& in, hitung& masukan){
cout<<"Menghitung luas lingkaran\n";
cout<<"Masukan jari-jari lingkaran:";
in>>masukan.r;
cout<<"Menhitung volume bola\n";
cout<<"Masukan jari-jari bola:";
in>>masukan.r;
return in;}

ostream& operator<<(ostream& out, const hitung& keluaran){
out<<"Luas lingkaran adalah "<<<<"Volume bola adalah "<<>a;
a.hitung_L_lingkaran();
a.hitung_V_bola();
cout<
Program di atas adalah program yang digunakan untuk mencari nilai dari luas lingkaran dan volume lingkaran, dimana kita hanya menginputkan nilai jari-jarinya. Untuk itu kita akan menggunakan 2 variabel sebagai nilai jari-jari untuk luas dan untuk volum. Jadi untuk mengetahui nilai luas dan volum kita tinggal memasukkan rumus luas dan volum lingkaran. Untuk luas itu phi dikalikan dengan r kali r, sedangkan untuk mencari volume lingkaran rumus yang kita gunakan 4/3 dilakikan dengan phi kali r kali r kali r, jadi kita tinggal memanggil rumus itu untuk mengetahui hasilnya. Misalkan kita akan mencari luas atau volum suatu bangun ruang lain kita tinggal memasukkan rumus yang benar untuk mencari hasinya.

Tidak ada komentar: