google analyst

Sabtu, 06 April 2013

HADFEX - Hacking and Digital Forensics Exposed

Hadfex 



Masalah keamanan merupakan salah satu aspek penting dari sebuah sistem informasi. Sayang sekali masalah keamanan ini seringkali kurang mendapat perhatian dari para pemilik dan pengelola sistem informasi. Terlebih lagi, masalah keamanan juga berada di urutan kesekian dalam daftar hal-hal yang dianggap penting. Bahkan terkadang kita juga tanpa disadari mengambil sebuah keputusan apabila sampai menggangu performansi dari sistem, seringkali keamanan dikurangi atau ditiadakan. 
Informasi saat ini sudah menjadi sebuah komoditi yang sangat penting. Kemampuan untuk mengakses dan menyediakan informasi secara cepat dan akurat menjadi sangat esensial bagi sebuah organisasi, baik yang berupa organisasi komersial (perusahaan), perguruan tinggi, lembaga pemerintahan, maupun individual. Hal ini dimungkinkan dengan perkembangan  pesat di bidang teknologi komputer dan telekomunikasi.
Sangat pentingnya nilai sebuah informasi menyebabkan seringkali informasi diinginkan  hanya  boleh  diakses  oleh orang-orang tertentu. Jatuhnya informasi ke tangan pihak lain (misalnya pihak lawan bisnis) dapat  menimbulkan  kerugian  bagi  pemilik  informasi. Sebagai  contoh, banyak  informasi  dalam  sebuah  perusahaan  yang  hanya  diperbolehkan diketahui oleh orang-orang tertentu di dalam perusahaan tersebut, seperti misalnya  informasi  tentang  produk  yang  sedang  dalam  development, algoritma-algoritma dan teknik-teknik yang digunakan untuk menghasilkan produk tersebut. Untuk itu keamanan dari sistem informasi yang digunakan harus terjamin dalam batas yang dapat diterima.
Issue terkait dengan keamanan sistem dan jaringan komputer serta teknologi informasi pada umumnya adalah issue yang selalu menarik dari tahun ke tahun. Hal ini sejalan dengan semakin bervariasinya sistem komputer selain ditemukannya berbagai teknik dan sistem aplikasi untuk meningkatkan keamanan komputer, tidak dipungkiri pula munculnya berbagai teknik dan aplikasi yang mampu mengeksplorasi lubang-lubang keamanan komputer. Sayangnya kepeduliaan terhadap bidang keamanan komputer ini kurang banyak mendapat perhatian dari umumnya para pengguna komputer itu sendiri. Sementara itu potensi cybercrime sebagai akibat dari penyalahgunaan komputer tidak lepas dari terdapatnya kerentanan keamanan komputer serta kurangnya kepeduliaan para pengguna terhadap sistem komputer dan peralatan teknologi informasi yang sedang digunakanya. 
Mereka yang selalu menggeluti bidang keamanan komputer dari berbagai sudut pandang tetap saja dirasa perlu menjalin komunikasi untuk sharing dan upgrading skills dan pengetahuan.  Para akademisi yang memiliki riset dan fokus pada bidang keamanan komputer dan teknologi informasi, para praktisi yang memiliki pengalaman langsung berhadapan dengan masalah keamanan komputer, penggiat komunitas yang selalu tertantang untuk melakukan eksplorasi dan solusi keamanan komputer dan teknologi informasi, para penegak hukum yang berhadapan langsung dengan upaya-upaya kearah kejahatan komputer serta masyarakat awam yang memiliki kepeduliaan terhadap bidang keamanan komputer, masing-masing perlu bekerja sama dan bertukar pengalaman dan informasi dalam upaya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pada bidang keamanan komputer ini. Untuk kepentingan itulah perlu adanya forum untuk sharing dan upgrading skills sejumlah issue terkait dengan keamanan komputer.
Kegiatan Hacking and Digital Forensic Exposed (H@DFEX) adalah sebuah kegiatan yang diharapkan akan menjadi media komunikasi dan sharing berbagai pihak untuk meningkatkan ketrampilan, pengetahuan serta kepedulian pada bidang keamanan komputer serta forensika digital. Forum ini diinisiasi oleh Pusat Studi Forensika Digital (PusFid) Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Kegiatan tersebut juga diharapkan akan menjadi bagian dari upaya dari PusFid untuk menjadi bagian penting dalam memajukan dan meningkatkan kapabilitas SDM Indonesia dalam kepedulian dan keterampilan terhadap keamanan sistem komputer.
Beberapa aktifitas yang akan dilaksanakan antara lain adalah 
(1) Workshop, dimana kegiatan ini mengkolaborasikan antara pengetahuan dasar dan praktek pada bidang ethical hacking / penetration testing serta fundamental forensika digital, 

(2) Live Night Hack, adalah kegiatan demo langsung (live) untuk menunjukkan melakukan eksplorasi sekaligus bagaimana rentannya sebuah sistem keamanan komputer berikut solusi untuk mengatasinya,

(3) Seminar, yang diselenggarakan dalam bentuk forum untuk sharing dan diseminasi pengetahuan, pengalaman dan teknologi seputar issue seperti: keamanan komputer, ethical hacking, penetration testing, malware, forensika digital, cybercrime, dan sebagainya dengan menghadirkan para narasumber dari praktisi, akademisi, dan komunitas.

So Lets Go Join Us, 

dikutip dari : Yusuf Yudi Prayudi

Tidak ada komentar: